Mengenai Saya

Foto saya
ingat jangan gunakan ilmu yg saya beri untuk tindakan kejahatan, tanggung jawab anda terima sendiri, itulah tanda orang yg bijak. setelah anda memahami, berikan komentar anda!! terima kasih.

Cari Blog Ini

Menurut Anda, Bagaimanakah Blog ini?

CarA bUAt PS1 di cPu (coMpUTeR)

Neh saYa maw berbagi kesenangan dengan fembaca sekalyan. Kebetuwlan saia sedang seneng maen PS1, coz nostalgya benget ! Bagi fara kamoe2 iang maw maen gem PS1 di Kompie bisa memakai emulator. Di sini saia ingin memberikan referensi tentang setingan terbaik untuk emulator PS1. Yang dibutuhkan:
1. Enhanced Emulator ePSXe v1.6.0.
Anda bisa pesan langsung
2. Bios PS1.
Neh saia ngasih biosPS1nya yang latest version ’en diperkirakan akan meningkatkan tingkat froses emulasi menjadi terbaik. (ekstrak pake winzip)
4. Iang fasti CD PS1nya.
5. Nero CD Tools ataw sejenisnya. Alternatifnya bisa dengan CDBurnerXP
Ini untuk buat file image. File image tu artinya file satu CD dikompres dan disimpan ke dalam harddisk. Dafadh disimpan sebagai file ISO ato NRG. Jadi nggak bikin rusak CD ato DVD.
6. Daemon Tools.
Neh biar lebih cepat frosesnya. Dengan memakai file image tadi iang udah dibuwat, dafadh membuat CD virtual.
7. Game Pad.
Byar makin extrim.
Neh sekarang setingannya. Saia memakai ePSXe versi iang tersebut di atas, sehingga pluginnya sudah disediakan. Setingannya tergantung pluginnya. Kalo maw lebih bagus lage dafadh mencarinya di Internet, mudah koq. Tetapi lihadh juga kompetibel gak dengan biosnya? Ada tiga unsur plug-in iang diperlukan : video, sound dan CDROM. Setingannya ialah sebagay berikut :
1. Untuk video plugin filih : P.E.Op.S. Soft Driver 1.8. Lebih tinggi versinya lebih baek, untuk plugin iang laen juga begitu (sebaiknya setinggi-tingginya).
2. Untuk sound plugin filih : ePSXe SPU core 1.5.2. Lebih tinggi versinya lebih baek, untuk plugin iang laen juga begitu.
3. Untuk CDROM plugin filih : SaPu’s CD-ROM Plugin 1.0. Lebih tinggi versinya lebih baek, untuk plugin iang laen juga begitu. So kesimpulannya, plug-in memfunyay fengaruh tinggi terhadaf kwalitas game.
4. Tuk BIOS cari bios iang udah didonlot tadi : scph7502.bin.
5. Tuk pengaturan stik PSnya filih : Config => Game Pad => Pad 1 (bisa pake keyboard ato gamepad) ato Pad 2 (untuk pad iang laen tuk maen dua).

6. Kalo CD udah di buat jadi file image, buka Daemon Tools. Klik kanan ikon traynya, Virtual CDROM => Device 0 : => Mount Image => Cari file image tadi.
7. Sekarang singkirkan segala disk iang ada di CDROM/DVDROM kamoe. Lalu di ePSXe klik file => Run CDROM. Selamat bermain. Kalo ada iang kuwrang jelas tolong tanya.
Referensi : Untuk lebih mendetail mengenai setingannya silahkan ke link . Dan untuk cara membuat CD Image lihat di Semoga bermanfaat.

Mengenai cara menggunakan Emulator PS1 akan saia jelaskan secara terperinci. Saia asumsikan saia sedang memakai ePSXe v1.6.0 (telah saia cek ini versi yang terakhir). Beginilah tampilannya sesuai dengan setingan maksimal yang saia punya.

Mengenai settingan, saya jelaskan konfigurasinya.
1. Untuk Video Plugin, klik Config => Video, lalu pilih & klik ok. Berikut gambarnya :

2. Untuk Sound Plugin, klik Config => Sound, lalu pilih & klik ok . Berikut gambarnya :

3. Untuk CD-ROM atau DVD-ROM. Klik Config => Cdrom, lalu pilih & klik ok . Berikut gambarnya :

4. Untuk BIOSnya. Klik Config => Bios, lalu klik selecet, cari di folder mana BIOS anda download & klik ok.


5. Untuk Control. Klik Config => GamePad => Pad1 atau Pad2 (untuk controller ps kedua). Setinglah dengan klik textbox dan tekan tombol keyboard atau tombol GamePad untuk menggantinya. Berikut gambarnya :

6. Agar tidak ribet, lebih baik memainkannya pakai virtual disk ketimbang langsung pakai CD-ROM atau DVD-ROM. Untuk membuat virtual disk anda perlu membuat file image dari CD PS1 anda yang dapat disimpan di harddisk anda . Saya asumsikan saya sedang memakai NERO, anda dapat memakai CD Tools sejenis lainnya yang anda kuasai. Masukkan CD PS1 anda, kemudian dengan memakai NERO , anda tinggal pilih option Save Tracks pada NERO. Pilih folder tempat menyimpan. Lalu klik Go. Nero membentuk file NRG.
7. Agar virtual disk dapat berjalan, kita di sini dapat memakai Daemon Tools atau Alcohol atau lainnya. Saya asumsikan saya sedang memakai Daemon Tools. Install Daemon Tools, lalu buka programmnya. Tampillah ikon di system tray. Klik kanan lalu Virtual CD/DVD-ROM, lalu Device 0 : [G:] No Media. Lihat gambar.

Lalu klik Mount Image, lalu cari file image CD PS1 yang diinginkan telah dibuat . Lalu klik open. Tunggu sebentar. Kalau mau maen game laen juga bisa. Bikin file image dari CD PS1 yang laen, lalu lakukan seperti ini. Terlihat ada 3 file. Itu artinya saya sudah membuat tiga game PS1 yang berbeda. Yang no.1 Mortal Kombat, 2. Toys Story, 3.Harvest Moon. Jadi tinggal pilih file game (file image)nya saja.

8. Keluarkan segala CD atau DVD yang ada di CD/DVD-ROM anda. Lalu kembali ke ePSXe, klik menu File => Run CDROM. Selamat Bermain.

Saia di sini ingin menjelaskan lebih mendetail lagi bagaimana membuat image CD PS1. Saia asumsikan saia menggunakan Nero versi 6.0.0.20. Jika anda tidak memiliki Nero, anda dapat mencoba aternatifnya dgn CDBurnerXP yg gratis di Internet dan kemudian dapat melihat artikel ini : Alternatif Membuat ISO
Saia akan mencoba mengimagekan CD PS1 saia “Winning Eleven”. Sekarang kita mulai. Buka Nero anda.
1. Di menu Nero, arahkan “Copy and Backup” kemudian pilih “Copy Disc”.

2. Kita masuk ke jendela burningnya. Kita bukan bermaksud memburning tetapi ingin membuat image. Membuat image artinya kita menyalin isi CD ke harddisk tetapi bukan mentah2, tetapi dikompres. Maka CD yg isinya 700 MB bisa dikompres atau dijadikan image menjadi ukurannya 200-an MB di dalam harddisk.
Ok, klik “More >>”. Lalu klik “Save Tracks”.

3. Lalu kita akan menemukan jendela baru, tetapi didahului oleh jendela drive list. Di situ pilihlah CD-ROM yg berisi CD PS1 yg akan diimagekan tadi. Lalu klik OK.

4. Lalu di jendela utama klik “Browse” pada baris “Path :” untuk nentuin dimana Image akan disimpan. Pilih drive/folder mana akan disimpan. Lalu buat namanya apa. Klik “Save”.

5. Lalu klik “GO”. Tunggulah beberapa menit kemudian sampai proses selesai. Kemudian anda dapat menggunakan file image tadi untuk membuat virtual drive dengan Daemon Tool.S’moga berhasil.

0 komentar:

BeRIKaN KOmeNtaR aNda


ShoutMix chat widget